Technoroll

Information Technology, Hardware, Software, Tips & Tricks, and more..

Perbandingan Sistem Operasi Linux dengan Windows

1. Antarmuka Pengguna

Antarmuka Grafik (GUI) Sistem Operasi Windows

Pada sistem operasi windows 9x/NT/2000/XP antarmuka grafiknya menggunakan Windows Shell yang terdiri atas beberapa komponen utama, yaitu desktop, taskbar, dan system tray. Pada komponen desktop selain dihiasi dengan wallpaper bergambar juga terdapat icon-icon shortcut menuju My Computer, My Documents, Recycle Bin, dan lain sebagainya. Sementara itu komponen taskbar terdiri atas tombol [START], tombol kumpulan window / aplikasi yang sedang dijalankan, serta beberapa toolbar tambahan seperti quick launch, language bar, dan lain-lain. System tray berada di sebelah kanan taskbar, dan biasanya terdapat jam digital serta icon penunjuk status aplikasi yang sedang berjalan di background. Tombol [START] pada taskbar menggunakan sistem menu tree yang berisi shortcut menuju program-program yang ter-install serta tools-tools pendukung dan window konfigurasi untuk sistem.

Gambar 1 : Tampilan Desktop Windows XP

Pada windows vista/7 windows shell diatur menggunakan komponen Desktop Window Manager (DWM), dan antarmuka grafiknya mengalami beberapa pengembangan baik secara internal maupun penampilan. Perubahan tampilan yang paling mencolok adalah fitur aero, dimana window frame digambar menggunakan efek transparansi, serta tombol [START] yang diganti logo windows. Dari segi internal perubahannya cukup drastis, diantaranya perombakan ulang sistem gambar antarmuka yang mulai memanfaatkan akselerasi secara hardware dengan memanfaatkan kemampuan Video Card sehingga tampilan pergerakan window (e.g: drag dan scroll) menjadi lebih halus, dan beban kerja CPU berkurang.

Antarmuka Sistem Operasi Linux

Secara arsitektur, sistem antarmuka linux pada umumnya menggunakan X Window System (X11) sebagai basis framework-nya. Sementara lingkungan desktop yang dipakai sangat bervariasi untuk masing-masing distro, namun yang paling umum digunakan adalah KDE dan GNOME. Komponen window manager-nya juga bervariasi, dimana pada KDE default-nya menggunakan Kwin, dan GNOME menggunakan metacity. Pada varian linux rilisan terbaru umumnya window manager yang tersedia (e.g:beryl, compiz, compiz fusion) sudah mendukung akselerasi secara hardware dengan memanfaatkan OpenGL, mirip aero pada windows vista/7 yang memanfaatkan DirectX.

Gambar 2 : Tampilan Desktop Ubuntu 10.04 LiveCD

Gambar 3 : Efek 3D cube Beryl/Compiz vs Efek Aero Flip Windows 7

2. Instalasi

Proses Setup

Proses setup windows 9x/NT/2000/XP dibagi menjadi dua bagian, pertama menggunakan text-mode selama proses storage driver preloading, partisi, dekompresi, serta pengkopian file-file yang dibutuhkan untuk proses bagian kedua yang menggunakan GUI. Pada windows vista/7 proses instalasi sepenuhnya menggunakan GUI. Sementara pada linux saat ini umumnya hampir semua distro menyediakan fasilitas liveCD, dimana pengguna dapat mencoba sistem operasi yang berfungsi penuh secara langsung dari media instalasinya (liveCD/liveUSB).

Gambar 4 : Tampilan Setup Windows XP (Text Mode) dan Windows 7 (GUI)

Hardware Device Drivers

Ketersediaan hardware device drivers yang termasuk dalam windows XP/2003 umumnya sudah cukup memadai untuk menjalankan sistem secara mendasar, namun masih perlu tambahan third-party driver dari pembuat hardware yang bersangkutan untuk memanfaatkan kemampuan penuh dari hardware tersebut (e.g:Soundcard, Display Adapters, etc). Pada linux, drivers yang tersedia cukup lengkap dan up-to-date, namun tidak semua driver yang tersedia di-install secara otomatis. Pada distro ubuntu misalnya, beberapa driver yang lisensi-nya tertutup (proprietary / restricted license) baru di-install paska proses instalasi ubuntu.

File System

File System utama yang digunakan dan/atau didukung oleh keluarga windows diatas versi NT adalah FAT dan NTFS. Kelebihan NTFS dibanding FAT antara lain dukungan enkripsi, metadata, journaling, serta ACL (Access Control List), selain tentunya ukuran file dan partisi maksimum yang lebih besar. Sementara itu File System di linux default-nya menggunakan ext2fs serta turunannya (ext3fs, ext4fs, dst), serta ReiserFS untuk partisi khusus yang berfungsi sebagai swap/page-file. Linux juga mendukung proses baca-tulis terhadap partisi FAT dan NTFS yang dibuat windows, namun dukungan untuk NTFS masih belum komplit dan dapat beresiko terjadinya kerusakan partisi.

3. Penggunaan dan Aplikasi Umum

Aplikasi yang Tersedia

Aplikasi umum yang diusung oleh windows dalam paket penjualannya sudah termasuk aplikasi multimedia seperti Windows Media Player (tidak di semua negara), browser Internet Explorer, instant messenger Windows (Live) Messenger, editor teks notepad, word processor wordpad, image editor MS paint, kalkulator, serta games sederhana solitaire, minesweeper, dan lain-lain. Sementara pada Linux (Ubuntu, Fedora Core, dan distro besar lainnya) aplikasi yang tersedia mencakup semua jenis aplikasi yang tersedia di windows, ditambah Office Suite OpenOffice.Org, serta berbagai macam aplikasi gratis lainnya yang secara fungsional relatif secanggih / lebih canggih dari bundled-software milik windows.

Berikut ini adalah tabel perbandingan aplikasi-aplikasi populer yang umum digunakan di workstation windows (baik bundled, maupun 3rd-party) serta aplikasi tandingannya di linux :

Keterangan :

Aplikasi Komersial

 

Jenis Aplikasi

Windows

Linux (GNOME)

Linux (KDE)

File Manager

Windows Explorer

Nautilus

Konqueror / Dolphin

Terminal

Command Prompt

GNOME terminal

Konsole

Internet Browser

Internet Explorer

Epiphany

Konqueror

Mozilla Firefox, Google Chrome

Audio Player

Windows Media Player

Rhythmbox

Amarok

Video Player

Windows Media Player

Totem

Dragon Player

Video Editor

Windows Movie Maker

Kino, PiTiVi

KDEnlive

Image Viewer

Picture & Fax Viewer

Eye of Gnome

GwenView

Raster Image Editor

Adobe Photoshop

GIMP

Krita

Vector Image Editor

Adobe Illustrator

Inkscape

Karbon14

PDF Viewer

Adobe Acrobat

Evince

Okular

Office Suite

 

Microsoft Office:

  • Word
  • Excel
  • PowerPoint

GnomeOffice

KOffice

OpenOffice.Org :

  • Writer
  • Calc
  • Impress
Email Client

Outlook, Windows Live Mail

Evolution

KMail

Mozilla ThunderBird

Instant Messenger

Windows (Live) Messenger

Pidgin, Empathy

Kopete

Text Editor

Notepad

Gedit

KWrite

CD/DVD Burner

NERO Burning ROM

Brasero

K3b

Archive Manager

WinRAR / WinZIP

File Roller

Ark

3D Modeling

3DSMAX, MAYA

Blender.org, AYAM

3D CAD

AutoCAD

FreeCAD

Professional Audio Tools

Steinberg CuBase, Nuendo, M-Audio Pro-Tools

Ardour, Audacity, RoseGarden, LMMS, MusE

Tabel 1 : Aplikasi Windows vs Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: